Westbrook Pecahkan Rekor Triple Double Terbanyak di NBA

Aktual Terkini – Point guard Oklahoma City Thunder Russell Westbrook akhirnya berhasil memecahkan rekor abadi Oscar Robertson sebagai pencetak triple double terbanyak dalam satu musim reguler NBA. Westbrook mencatatkan triple double ke-42 musim ini pada Senin (10/4/2017) pagi WIB.

Westbrook tampil gemilang saat Thunder melawan Denver Nuggets. Dia menyumban 50 angka, 16 rebound dan 10 assists. Kecemerlangan Westbrook membantu Thunder menang tipis 106-105 atas Nuggets.

Pemakai nomor punggung 0 ini kini mencatatkan diri sebagai raja triple double baru NBA. Rekor triple double terbanyak dalam semusim NBA sebelumnya dipegang Robertson dengan 41 kali yang dibuat 55 tahun lalu pada musim 1961-1962.

“Ini bersejarah. Jika apa yang dilakukannya tidak begitu sulit maka kami akan memiliki lebih banyak orang yang dapat melakukan seperti itu. Dia punya kemampuan memberikan dampak pada permainan dengan begitu banyak cara berbeda,” puji pelatih Thubder Billy Donovan.

Momen bersejarah Westbrook menorehkan triple double ke-42 tersebut terjadi saat laga tersisa empat menit 16 detik lagi. Umpan Westbrook diselesaikan Semaj Christon dengan tembakan tiga angka.

Westbrook sebenarnya punya peluang memecahkan rekor Robertson di laga sebelumnya. Sayangnya ketika itu dia kurang dua assists saat bersua Phoenix Suns. Para pemain Suns sengaja mencegah Westbrook membuat dua assists lagi.

Meski di laga melawan Suns gagal memecahkan rekor Robertson, Westbrook saat itu sukses memastikan diri memiliki catatan rata-rata triple double di musim reguler. Dia menjadi orang kedua dalam sejarah NBA yang bisa memiliki rata-rata poin, assists dan rebound dua digit setelah Robertson.

Westbrook juga menorehkan rekor baru di laga melawan Nuggets. Dia menjadi pemain pertama dalam sejarah NBA yang sudah tiga kali mencetak triple double dengan jumlah poin diatas 50.

Untuk pertama kalinya pula dalam kariernya Westbrook mencetak buzzer beater penentu kemenangan. Berkat tembakan tiga angka Westbrook di detik-detik akhir pertandingan membuat Thunder menang setengah bola.

“Ini menakjubkan. Ini sesuatu yang saya tidak pernah impikan ketika masih kecil. Saya hanya bersyukur dan diberkati dapat bersaing di level tertinggi ini. Saya berterima kasih kepada rekan setim, tim kepelatihan, fans dan keluarga. Saya bersyukur kepada Tuhan atas berkat yang diberikan kepada saya setiap hari,” ujar Westbrook seperti dilansir USA Today.