Wanita Hanya Perlu 5 Sahabat agar Lebih Subur

Aktual Terkini – Siapa sangka kehadiran sahabat berdampak pada subur atau tidaknya reproduksi seorang wanita. Namun, tak perlu banyak-banyak, karena hasil studi mengungkapkan, cukup lima orang sahabat saja demi meningkatkan kesuburan.

Menurut psikolog Robin Dunbar, bila wanita terlalu banyak memiliki sahabat malah memicu stres. Hal ini memengaruhi hormon wanita serta kemampuannya dalam reproduksi.

“Stres membuat sistem menstruasi berubah dan hal ini membuat jadi tidak subur,” kata salah satu peneliti yang juga psikilog Robin Dunbar seperti mengutip Mirror, Kamis (23/2/2017).

Untuk mengurangi stres, salah satu hal yang harus dilakukan oleh wanita adalah menganalisis lingkungan sosial mereka, termasuk persahabatannya. Hubungan sosial yang baik, dalam hal ini dengan memiliki sahabat, amat penting dalam menjaga mental. Kehadiran sahabat mampu melindungi diri dan mencegah stres datang sehingga tidak menganggu kesuburan.

Nah, dari studi ini direkomendasikan wanita memiliki lima sahabat itu adalah jumlah terbaik dalam menghadapi stres terhadap orang lain.

“Jika Anda tidak memiliki sahabat ini, Anda cenderung mengalami gangguan siklus menstruasi dan endokrin,” kata Dunbar.

Dalam studi ini juga diungkapkan persahabatan wanita terjalin tidak hanya dengan pertemuan tapi juga hubungan jarak jauh. Baik dengan telepon ataupun pesan. Berbeda halnya persahabatan pada pria yang terasa lebih dekat dengan pertemuan.