Video Aksi Simpatik untuk Ahok di Perth Australia

Aktual Terkini – Sejumlah Warga Negara Indonesia menggelar aksi solidaritas mendukung Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Perth, Australia, pada Sabtu 13 Mei pukul 14.00 waktu setempat.

Aksi tersebut diadakan di Sir James Mitchell Park, South Perth. Tidak hanya menyuarakan dukungan terhadap Ahok, namun para WNI yang kompak mengenakan busana nuansa merah putih juga mengusung sikap membela persatuan NKRI.

Salah seorang WNI yang berpartisipasi mengatakan kepada Aktualterkini.com, aksi tersebut merupakan bentuk dukungan nyata terhadap pemerintah Indonesia, khususnya Ahok.

“Kami mau meneruskan perjuangan Pak Ahok, Pak Djarot, dan Pak Jokowi. (Ini) untuk terus bersatu dan jangan terpecah,” terang Monique Arianto.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Monique, bahwa selain berkumpul, massa aksi juga menyanyikan lagu nasional.

Dari video yang beredar, sejumlah WNI tampak mengusung poster bergambar Ahok dengan tulisan “United We Stand. United We love. INDONESIA. #SaveAhok.”

Sebelumnya dilaporkan, aksi solidaritas untuk Ahok atau membela persatuan NKRI digelar di empat benua, yakni Amerika, Australia, Eropa, dan Asia. Di Negeri Paman Sam, aksi tersebar di sejumlah kota besar seperti Washington, New York, dan Los Angeles.

Kementerian Luar Negeri melalui juru bicaranya Arrmanatha Nasir mengimbau agar WNI yang melakukan aksi simpatik tetap menjaga ketertiban dan mematuhi peraturan setempat.

“Saya mengimbau kepada WNI untuk tetap patuh dengan aturan di negara setempat. Pesannya tetap patuh dengan hukum yang berlaku,” ujar Arrmanatha dalam keterangan pers mingguan pada Jumat 12 Mei.