Ucapan Selamat Idul Fitri dari PM Ganteng Kanada

Aktual Terkini – Seiring dengan berakhirnya bulan suci Ramadan, umat Islam dunia pun merayakan Hari Raya Idul Fitri. Sama seperti yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, mayoritas negara-negara muslim seperti Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Kuwait, Yaman dan beberapa lainnya juga menetapkan hari pertama lebaran jatuh pada Minggu 25 Juni.

Ternyata, bukan hanya negara mayoritas muslim saja yang merayakan Hari Raya Idul Fitri hari ini, namun Kanada juga demikian. Menurut survei National Household Kanada tahun 2011, setidaknya terdapat 1 juta atau 3,2 persen penganut Islam di negeri tersebut.

Terkait dengan salah satu perayaan terpenting bagi umat Islam ini, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan keluarga pun mengucap selamat.

“Malam ini saat Matahari tenggelam, umat Islam di Kanada dan seluruh dunia akan merayakan Idul Fitri…,” ungkap Trudeau melalui sebuah pernyataan tertulisnya seperti Liputan6.com kutip dari situs resmi perdana menteri Kanada pm.gc.ca, Minggu (25/6/2017).

“Idul Fitri merupakan salah satu perayaan keagamaan penting bagi umat Islam dan menandai akhir bulan suci Ramadan. Ini adalah saat untuk bersyukur atas peningkatan iman dan rahmat yang didapat selama berpuasa.”

“Dalam kesempatan ini, keluarga dan teman berkumpul untuk menghadiri Salat Idul Fitri, bertukar maaf, menikmati makanan, dan memberi kepada sesama, terutama kepada mereka yang kurang beruntung,” tambah pria berusia 45 tahun tersebut.

Ia juga menyinggung diversitas yang dimiliki negaranya, “Keragaman budaya Kanada adalah salah satu sumber kekuatan dan kebanggaan terbesar kami. Tahun ini, ketika kami menandai peringatan 150 tahun Konfederasi, kami menyadari kontribusi tak ternilai yang diberikan komunitas muslim…”

“Atas nama keluarga, Sophie dan saya menyampaikan harapan-harapan terbaik kami kepada seluruh yang merayakan Idul Fitri. Eid Mubarak!,” ujar PM Kanada yang menjalin persahabatan dengan Barack Obama tersebut.

Kurang dari satu bulan lalu, Trudeau melalui sebuah rekaman video juga turut mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat muslim dunia.