Rossi Sudah Yakin Juara MotoGP Belanda Sejak Awal

Aktual Terkini – Valentino Rossi membuktikan dirinya masih layak dijagokan di MotoGP 2017. Kesuksesan merebut podium juara MotoGP Belanda 2017 di Sirkuit Assen, Minggu (25/6/2017), jadi bukti terkini kehebatan pembalap Movistar Yamaha itu.

Sejak awal balapan MotoGP Belanda 2017, Rossi memang terlihat memiliki kecepatan yang bagus. Start apik membuat The Doctor langsung menempel pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco dan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dari posisi ketiga.

Ketika mendapat peluang, satu per satu pembalap tersebut diasapi Rossi. Usai memimpin balapan sejak lap ke-12, ia hanya sebentar kehilangan posisinya. Podium juara pun diamankan pembalap berusia 38 tahun itu dengan keunggulan 0,063 detik atas Danilo Petrucci.

“Jujur, saya sudah yakin bisa menang karena untuk kali pertama saya merasa di atas. Saya juga melihat diri saya memiliki kecepatan yang baik. Lalu datang hujan dan itu sedikit mengganggu. Kondisi tak baik di beberapa tikungan karena ada genangan. Situasi itu bisa merusak balapan dengan terjatuh,” kata Rossi, dilansir Tuttomotoriweb.

Rossi juga menilai pilihan soal ban juga memiliki andil dalam kesuksesannya di MotoGP Belanda. Lalu, ia juga mengambil keputusan tepat saat cuaca mulai memburuk dan mulai turunnya hujan saat balapan tersisa delapan putaran.

Faktor Ban

Semua tim sudah menyiapkan motor pengganti, tapi Rossi memilih untuk terus melaju. Meski penuh risiko, Rossi memang tak memiliki pilihan karena terus mendapatkan tekanan dari Petrucci, Andrea Dovizioso, dan Marquez.

“Kondisi balapan sulit bagi semua pembalap. Bagi saya itu juga sulit karena menggunakan motor dengan sasis baru. Pilihan ban sulit, tapi kami telah melakukan hal tepat. Suhu cukup rendah. Dalam hal apa pun, saya pikir kami memiliki ban depan dan belakang yang tepat,” ungkap Rossi.

Berkat kemenangan tersebut, Rossi pun kembali terlihat dalam persaingan menuju takhta juara dunia MotoGP 2017. Posisinya memang hanya naik ke urutan ketiga klasemen. Namun koleksi 108 poin mantan pembalap Ducati itu hanya terpaut tujuh angka dari puncak klasemen yang ditempati Dovizioso.

Selain itu, ada beberapa catatan istimewa yang diukir pengoleksi sembilan gelar juara dunia tersebut. Itu adalah kemenangan perdana Rossi sejak merajai MotoGP Catalunya 2016, 5 Juni 2016. Itu juga menjadi kemenangan ke-10 Rossi di Assen.

Lalu, ia juga resmi menjadi pembalap tertua di era MotoGP yang merebut podium juara. Usia Rossi saat ini adalah 38 tahun 130 hari. Ia sukses melampaui catatan yang diukir Troy Bayliss kala merebut podium juara di World Superbike (WSBK) 2006 seri Valencia. Usia Bayliss saat itu adalah 37 tahun 235 hari.