Rossi Masih Puncaki Klasemen MotoGP

Aktual Terkini – Valentino Rossi gagal naik podium di MotoGP Spanyol. Pembalap Movistar Yamaha itu finis di posisi kesepuluh di Sirkuit Jerez, Minggu (7/5/2017).

Rossi mengatakan, dirinya gagal naik podium karena masalah ban. Perubahan suhu menjadi 20 derajat Celcius saat balapan MotoGP Spanyol juga menjadi faktor kegagalan pembalap berusia 38 tahun tersebut.

Meski demikian, Rossi masih memuncaki klasemen pembalap MotoGP. Dari empat balapan, dia sudah mengoleksi 62 poin. Namun, dia mulai didekati rekan setimnya sendiri, Maverick Vinales, yang mengoleksi 60 poin.

“Satu-satunya hal positif di Spanyol adalah, saya masih berada di puncak klasemen,” kata Rossi, seperti dikutip dari GP One.

Usai balapan di Sirkuit Jerez, Rossi menyadari adanya kebangkitan dari Repsol Honda Team. Kecepatan dua pembalap Honda, Dani Pedrosa dan Marc Marquez tak bisa ditandingi.

“Honda mulai kembali dan itu mengkhawatirkan. Pedrosa sudah menemukan bentuknya dan saya yakin dia tidak hanya cepat di MotoGP Spanyol saja. Saya selalu menempatkannya sebagai salah satu pesaing gelar juara,” ucap Rossi.

Selain Honda, Rossi juga mencemaskan kecepatan mantan rekan setimnya yang saat ini tergabung bersama Ducati, Jorge Lorenzo. Lorenzo finis di posisi ketiga pada seri keempat MotoGP 2017.

“Lorenzo mulai melaju dengan bagus. Dia merupakan salah satu pembalap terkuat dan dia bisa menaklukkan trek tersulit untuk Ducati. Ini mengajarkan saya betapa sulitnya memperkirakan pemenang balapan MotoGP,” ujar Rossi menutup.