Rooney dan Costa Cocok Main di Tiongkok

Aktual Terkini – Mantan Manajer Timnas Inggris Sven-Goran Eriksson mengaku yakin Wayne Rooney dan Diego Costa takkan kesulitan beradaptasi jika pindah ke Liga Tiongkok. Menurut Eriksson, Tiongkok lebih baik dari MLS.

Rooney musim lalu lebih banyak duduk di bangku cadangan. Ia kehilangan posisinya di tim utama dan hanya bisa melesakkan delapan gol di semua kompetisi. Pemain 31 tahun tersebut diprediksi bakal hengkang dan bisa jadi pindah ke Tiongkok.

“Saya belum berbicara dengan Rooney untuk waktu yang lama, jadi saya tidak tahu apa yang dipikirkannya, tapi jika dia pergi ke Tiongkok, saya pikir dia akan memiliki pengalaman positif. Rooney memiliki keluarga muda, tapi ada sekolah internasional di kota-kota besar dan saya tahu dia pasti mendapat banyak bantuan untuk membuatnya beradaptasi. Dia akan disambut dengan sangat baik,” kata Eriksson kepada Daily Mirror.

“Satu-satunya masalah adalah bahasa. Tapi jika Anda tinggal di Shanghai atau Beijing, Anda memiliki banyak orang asing, jadi ini bukan masalah besar. Saya bertemu dengan banyak orang Swedia di Shanghai dan banyak orang Eropa tinggal di sana, bekerja untuk perusahaan besar. Dan jangan lupa, para pemain diperlakukan dengan baik.”

Selain Rooney, Diego Costa juga bisa jadi pindah ke Tiongkok. Mantan pemain Atletico Madrid itu sedang diincar Tianjin Quanjian.

“Untuk orang seperti Rooney atau Diego Costa, tidak akan ada masalah. Ketika saya berada di Shanghai SIPG, saya memiliki pemain asal Brasil Hulk, yang telah bergabung dengan transfer 50 juta poundsterling dari Zenit St Petersburg,” ucap Eriksson.

“Dia tidak memiliki masalah dengan kehidupan di Tiongkok. Satu-satunya masalah adalah bahwa dia cedera pada debutnya dan absen dua bulan setelah itu. Tapi saya tidak pernah mendengar dia mengeluh tentang kehidupan di Tiongkok, semuanya bagus,” ia mengakhiri.