Penumpang ke Bali Via Bandara Ngurah Rai Melonjak

Aktual Terkini – JUMLAH penumpang yang datang ke Bali melalui Bandara Internasional Ngurah Rai Bali naik drastis. Hal ini disampaikan oleh Humas PT Angkasa Pura Ngurah Rai Bali Awalludin saat dikonfirmasi Senin (26/12).

Menurutnya, pergerakan penumpang yang datang ke Bali hingga kemarin sudah mencapai 53.122 orang baik penerbangan domestik maupun internasional.

“Dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya maka tahun naik sekitar 5 persen karena di periode yang sama di tahun 2015 hanya mencapai 50.392 orang. Namun sesungguhnya ini baru jumlah sementara. Karena pergerakan penumpang akan membeludak mulai tanggal 28 Desember 2016 hingga tanggal 2 Januari 2017 nanti,” ujarnya.

Dari sisi pergerakan pesawat hingga kemarin tercatat ada 380 maskapai yang melayani baik kedatangan maupun keberangkatan di Bandara Ngurah Rai. Kenaikan pergerakan pesawat ini karena banyaknya perusahan maskapai yang meminta jadwal penerbangan eksta akibat padatnya penumpang yang keluar masuk ke Bali. Jumlah ini naik 2 persen dibanding dengan periode yang sama di tahun 2015 sebelumnya. Namun dari catatan yang ada, pergerakan penumpang didominasi oleh keberangkatan domestik yang mencapai total 12.107 orang perhari Minggu (25/12).

Dibanding dengan periode yang sama di tahun 2015 yang hanya mencapai 10.932 orang sehingga mengalami kenaikan 12 persen. “Puncak arus liburan Natal dan Tahun Baru diperkirakan akan terjadi mulai 28 Desember sampai 2 Januari 2017,” ujarnya.

Menurutnya, sekalipun terjadi lonjakan penumpang yang cukup signifikan di Bandara Ngurah Rai namun seluruh pelayanan, keamanan dan kenyamanan penumpang sampai saat ini berjalan lancar dan normal. Bahkan, sekalipun terjadi insiden tergelincirnya pesawat Wings Air di Semarang, namun jadwal penerbangan dari Ngurah Rai ke Semarang tidak terganggu dan tidak terjadi penumpukan penumpang yang akan berangkat ke Semarang. Sementara untuk keamanan dan kenyamanan di Bandara Ngurah Rai semuanya berjalan lancar dan normal karena kesiapan aparat yang luar biasa.