MotoGP Spanyol : Rossi Khawatir Akan Honda

Aktual Terkini – Valentino Rossi khawatir melihat kinerja Honda pada kualifikasi GP Spanyol. Untuk itu, dia berharap Yamaha dapat berkembang agar dapat menandingi rival.

Trio Honda menempati tiga urutan teratas balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (7/5/2017), setelah tampil impresif pada penyisihan.

Dani Pedrosa jadi yang tercepat disusul rekan setim Marc Marquez, dengan Cal Crutchlow menempati posisi ketiga. Pembalap Yamaha terbaik pada kualifikasi adalah Maverick Vinales yang duduk di urutan keempat. Dia 0,428 detik di belakang Pedrosa.

Sedangkan Rossi hanya menempati peringkat ketujuh. “Honda menunjukkan kekuatan mereka. Yamaha memiliki masalah dan kurang cepat. Kami mesti memperbaiki setting-an motor dan memilih ban tepat pada balapan nanti,” kata Rossi, dikutip Crash.

Kinerja impresif Honda tidak hanya membuat Rossi cemas pada MotoGP Spanyol. Dia melihat pesaing mampu mengejar ketertinggalan dari Yamaha di awal musim dan siap bersaing memperebutkan gelar konstruktor.

“Biasanya Honda kesulitan di Jerez. Sekarang sebaliknya. Mereka terus berkembang musim ini. Pada dua seri pertama, Yamaha jauh lebih baik. Sekarang Honda semakin cepat,” kata Rossi.

Honda sudah mengantongi 54 angka dari tiga balapan pembuka MotoGP musim ini. Mereka masih tertinggal di belakang Yamaha yang memiliki 70 poin.

Yamaha patut cemas melihat tren beberapa tahun belakangan. Mereka harus mengakui keunggulan rival pada persaingan konstruktor. Mereka hanya sekali merebut gelar dalam lima tahun terakhir, tepatnya tahun 2015 ketika Jorge Lorenzo menjadi juara dunia.

Sedangkan Honda berjaya pada empat edisi lainnya.

Klasemen Pembalap

1. Valentino Rossi (Movistar Yamaha): 56
2. Maverick Vinales (Movistar Yamaha): 50
3. Marc Marquez (Repsol Honda): 38
4. Andrea Dovizioso (Ducati): 30
5. Cal Crutchlow (LCR Honda): 29
6. Dani Pedrosa (Repsol Honda): 27
7. Johann Zarco (Yamaha Tech 3): 22
8. Jonas Folger (Yamaha Tech 3): 21
9. Scott Redding (Pramac Racing): 21
10. Jack Miller (Marc VDS): 21
11. Danilo Petrucci (Pramac Racing): 17
12. Alvaro Bautista (Pull&Bear): 14
13. Jorge Lorenzo (Ducati): 12
14. Aleix Espargaro (Aprilia): 10
15. Loris Baz (Avintia): 9
16. Andrea Iannone (Suzuki): 9
17. Hector Barbera (Avintia): 8
18. Karel Abraham (Pull&Bear): 8
19. Tito Rabat (Marc VDS): 8
20. Aleix Rins (Suzuki): 7
21. Pol Espargaro (KTM): 2
22. Bradley Smith (KTM): 1
23. Sam Lowes (Aprilia): 0