MotoGP Belanda : Selalu Penuh Kejutan

Aktual Terkini – Sirkuit Assen selalu melahirkan ketidakpastian buat para pembalap. Anggapan itu muncul lantaran kondisi cuaca yang sulit diprediksi dan itu sangat cocok dengan keadaan MotoGP saat ini. Jadi, sulit untuk mengatakan siapa yang bakal berada dalam posisi terkuat.

Tentunya banyak pertanyaan yang menggelayuti pikiran penikmat balap kuda besi di seluruh dunia. Mulai dari apakah Valentino Rossi mampu mencetak kemenangan pertamanya di musim ini atau malah sebaliknya, rekan setimnya Maverick Vinales yang mengambil podium pertama?

Tapi mungkin semua orang bakal dibuat terkejut jika saja Andrea Dovizioso mampu mencetak kemenangan di Assen. Andai prediksi ini benar terjadi maka dia bakal menjadi pembalap pertama yang mampu mencetak podium pertama MotoGP sebanyak tiga kali secara beruntun dalam satu musim sejak Marc Marquez pada 2014 lalu.

Namun begitu, seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa tidak ada yang pernah mengetahui siapa yang bakal berada dalam posisi terkuat di Sirkuit Assen. Hal itu merujuk dari hasil sesi latihan pertama hingga kualifikasi.

Karena tidak ada pembalap yang mampu tampil konsisten selama menjalani ritual sebelum balapan dimulai. Ini merujuk pada tingkat kesulitan yang bakal dihadapi para pembalap.

Tikungan Sempit

Sirkuit Assen dikenal sebagai salah satu trek dengan lebar tikungan yang sempit. Tapi tetap menghadirkan tantangan tersendiri buat para peserta karena mereka harus berubah tampil cepat setelah melewati tikungan yang lambat.

Selain itu, dengan 487 meter lintasan lurus terpanjang, para pembalap yang melaju di Assen akan menemukan enam tikungan kiri dan 12 tikungan ke kanan. Karenanya pemasok ban Michelin kembali mengalokasikan ban asimetris yang sangat berguna dengan keangkeran sirkuit tersebut.

Lalu siapa yang akan membuat kejutan di Assen. Apakah akan ada pembalap kelima yang bakal memenangkan balapan pada gelaran seri kelima MotoGP musim ini?