MotoGP 2017: Michelin Bantah Istimewakan Valentino Rossi

Aktual Terkini – Manajer Michelin, Piero Taramasso, mencoba meluruskan kabar yang menyebut jika pemasok ban MotoGP itu lebih menganakemaskan Valentino Rossi. Menurut Taramasso, Michelin tidak hanya memenuhi permintaan dari satu pembalap.

Taramasso menjelaskan, Rossi dan Andrea Iannone sempat mengeluhkan kondisi ban selama tes pramusim MotoGP. Rossi dan Iannone ingin casing yang lebih kaku.

“Yang kami inginkan adalah semua pembalap bahagia. Setelah tes musim dingin hanya Rossi dan Iannone yang mengeluh bahwa mereka tidak nyaman dengan ban dan mereka ingin karet lebih kaku, tetapi menjadi hanya dua pembalap dan kami tidak menyetujuinya,” jelas Taramasso, seperti dikutip Insella, Selasa (18/4/2017).

Setelah MotoGP Argentina, muncul kontroversi ban Michelin khusus sesuai permintaan Rossi. Mereka akan membawa ban depan baru yang lebih keras, sehinga menimbulkan pertanyaan sejumlah pihak.

Namun, perusahaan ban asal Perancis telah tegas menepis adanya pembalap anak emas. Michelin sendiri sengaja menyediakan ban depan dari casing yang lebih kaku seusai balapan MotoGP Qatar tahun ini.

Alokasi ban ini dilakukan setelah ada banyak permintaan dari pembalap tentang perilaku ban di seri pembuka MotoGP di Qatar. Sayangnya, Komisi Keselamatan menolak ban alternatif ini.

Alasannya lantaran ada beberapa pihak yang berpendapat bahwa realisasi ban baru ini seperti mendukung Rossi, karena dia satu-satunya pembalap yang paling kritis menyoroti ban asal perusahaan Prancis tersebut.