Malaysia Open: Kevin / Marcus Pulangkan Pasangan Tiongkok

Aktual Terkini – Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon menunjukkan mental juara di perempat final Malaysia Open Super Series Premier 2017. Sempat kalah mudah pada gim pertama, ganda putra Indonesia ini bangkit dan mengalahkan wakil Tiongkok, Li Junhui / Liu Yuchen, 7-21, 21-17, dan 21-17 di Stadium Perpaduan, Sarawak, Malaysia, Jumat (7/4/2017) petang WIB.

Kevin/Marcus merupakan satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di nomor ganda putra Malaysia Open. Sebelumnya, dua pasangan lainnya, yakni Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sudah terhenti di babak kedua.

Melawan Li/Liu, Kevin/Marcus bermain di bawah performa terbaik mereka pada gim pertama. Kevin yang biasanya tampil brilian dalam menyergap bola di depan net, kerap melakukan kesalahan. Begitu juga dengan Marcus, pukulan selalu nyangkut di net. Li/Liu dengan mudah memenangkan game ini.

Di game kedua, situasi tidak berubah. Kevin/Marcus masih tampil di bawah tekanan. Mereka tertinggal 3-7 dan 8-11. Setelah jeda interval, Kevin/Marcus berbalik memimpin 12-11. Namun, Li/Liu kembali unggul dengan skor 17-14.

Kevin/Marcus tidak patah semangat. Juara India Open Super Series ini kembali menemukan permainan terbaiknya dan merebut tujuh angka beruntun untuk merebut gim kedua.

Li/Liu yang kecolongan di gim kedua bermain seperti gim pertama. Pukulan silang dan di depan net serta smes-smes keras kerap merepotkan Kevin/Marcus. Mereka pun unggul jauh 11-6.

Mental Juara

Akan tetapi, mental juara kembali ditunjukkan Kevin/Marcus. Pengalaman menaklukkan Li/Liu di final All England 2017 membuat mereka kembali ke permainan terbaiknya. Permainan cepat dengan bola-bola di depan net membuat Li/Liu kewalahan. Empat poin beruntun yang diraih Kevin/Marcus akhirnya menyudahi perlawanan unggulan kelima itu.

Di semifinal, Kevin/Marcus akan menghadapi unggulan dua asal Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Sejauh ini, kedua pasangan sudah tiga kali bertemu, dan Takeshi/Keigo unggul 2-1.

Indonesia masih berpeluang meloloskan dua wakilnya ke semifinal Malaysia Open melalui Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Jonatan Christie. Tontowi/Liliyana menghadapi ganda Korea, Solgyu Choi/Chae Yoo Jung. Adapun Jonatan menantang unggulan tujuh asal Tiongkok, Lin Dan.