Mahakarya Potret Kekasih Pablo Picasso Terjual Rp 598 Miliar

Aktual Terkini – Salah satu lukisan Pablo Picasso yang paling terkenal terjual di sebuah lelang di New York, Amerika Serikat. Mahakarya itu dibanderol seharga US$ 45 juta atau sekitar Rp 598 miliar.

Melansir dari BBC, Selasa (16/5/2017), lukisan Femme Assise, Robe Bleu (Seated Woman in Blue Dress) menampilkan perempuan bernama Dora Maar, salah satu dari sekian banyak kekasih Pablo Picasso.

Selama Perang Dunia Kedua, Nazi menyita lukisan tersebut namun berhasil dicegat dalam perjalanan dari Paris ke Moravia oleh French Resistance fighters atau pejuang Perlawanan Prancis.

Sebelumnya, Seated Woman dibeli oleh seorang kolektor AS dan enam tahun lalu terjual seharga US$ 26 juta sekitar Rp 345 miliar.

Dora Maar dan Picasso memiliki hubungan yang intens selama sembilan tahun. Dia melukis Seated Woman itu pada 1939, saat berusia 58 tahun ketika kekasihnya 31 tahun.

Ini adalah salah satu potret Picasso terhebat di tahun-tahun pertengahannya, terinspirasi – seperti biasanya – oleh cinta dan hasrat seksual yang kuat, demikian dilaporkan koresponden seni BBC Vincent Dowd.

Pada 2015, lukisan wanita Picasso dari Aljazair atau Picasso’s Women of Algiers terjual seharga US$ 179 juta atau sekitar Rp 2,3 triliun di rumah lelang Christie. Harga tersebut tercatat sebagai sebuah rekor termahal untuk sebuah gambar yang dijual di lelang.