Kena Penalti, Iannone Salahkan Lorenzo

Aktual Terkini – Pengarah lomba MotoGP resmi menjatuhkan sanksi penalti kepada Andrea Iannone setelah terekam menyenggol Jorge Lorenzo di awal balapan GP Argentina. Akibatnya pembalap anyar Ducati tersebut tergelincir ke luar lintasan dan gagal finish.

Insiden terjadi di tikungan pertama MotoGP Argentina. Menurut Iannone, Lorenzo menyenggolnya lebih dulu saat mencoba bermanuver di tikungan pertama. Perseteruan mereka semakin sengit dan menyebabkan Lorenzo keluar lintasan.

Lorenzo adalah pembalap pertama yang gagal meneruskan balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo. Setelah itu baru giliran Marc Marquez yang mengalami kejadian serupa. Ban depannya terkunci saat melakukan pengereman di tikungan kedua pada lap kedua.

Iannone tidak terima jika dirinya mendapatkan hukuman dari pengarah lomba. Menurutnya, mereka harusnya bisa melihat tayangan ulang video dengan baik sebelum menjatuhkan hukuman kepada pembalap. Iannone juga berharap masalah ini menjadi bahan evaluasi agar pengarah lomba tidak mendikte pembalap dengan hukuman.

“Saya mendapatkan penalti dan perasaan saya adalah itu terlalu keras. Pendapat saya adalah bahwa Race Direction bisa memberi evaluasi lain tentang situasi ini, dan tidak mendikte melalui hukuman,” kata Iannone seperti dikutip Crash, Senin (10/4/2017).

Iannone mengaku tidak mendapatkan keuntungan apapun dari insiden itu karena baru saja pindah gigi. Mankemudian melakukan pengereman di tikungan pertama karena Jorge menyenggol saya sangat keras. Dia juga merasa beruntung tidak tejatuh akibat insien itu. “Saya tidak tahu mengapa saya tidak terjatuh, saya sangat beruntung.”