Kejar Juara MotoGP 2017, Rossi dapat Saran dari Mantan Rival

Aktual Terkini – Soal kecepatan, Valentino Rossi tak sehebat Marc Marquez dan Maverick Vinales di MotoGP 2017. Namun akan berbeda jika bicara soal konsistensi. Faktanya, pembalap berusia 38 tahun memang jauh lebih konsisten dari Marquez dan Vinales.

Banyak pihak yang terkejut dengan kesuksesan Rossi bercokol di puncak klasemen pembalap MotoGP 2017. Pasalnya, Rossi adalah pembalap yang selalu mendapatkan hasil buruk dalam setiap tes pramusim, bahkan hingga jelang latihan bebas seri pembuka.

Anehnya, pembalap berusia 38 tahun itu selalu tampil kompetitif di setiap balapan. Buktinya, ia menjadi satu-satunya pembalap yang rutin naik podium dalam tiga balapan awal musim ini. Loris Capirossi yang notabene mantan rival Rossi pun memberikan pendapatnya.

“Tahun ini Rossi mungkin tak memiliki sedikit kecepatan untuk masuk dalam pertarungan antara Marquez dan Vinales. Namun pada beberapa kesempatan ia akan berada di sana untuk memperjuangkan podium. Ia akan bisa memenangkan beberapa balapan,” kata Capirossi, dilansir Motorsport.

Capirossi yang menjadi Penasehat Keselamatan MotoGP itu melanjutkan, “Terpenting ia tak mengulang kesalahan tahun lalu. Ia harus konsisten dan menyelesaikan semua balapan. Lalu kita akan melihat berapa banyak poin yang dimilikinya akhir tahun.”

Rossi sendiri sudah mengakui bahwa tingkat kecepatannya saat ini berada di bawah Vinales dan Marquez. Kesuksesannya memuncaki klasemen pembalap MotoGP pun tak lepas dari sedikit keberuntungan. Di dua balapan awal, Marquez terlihat masih sibuk untuk menemukan setting-an Honda RC213V yang tepat.

Selain itu, The Doctor juga diuntungkan dengan hasil buruk yang didapat Vinales pada MotoGP Austin. Setelah memenangi balapan MotoGP Qatar dan Argentina, pembalap berusia 22 tahun itu justru gagal mencapai garis finis di Austin akibat terjatuh.

“Ketika memulai musim, tujuan utama saya adalah memenangkan perlombaan. Tentu sangat sulit untuk bersaing dengan Vinales dan Marquez di atas. Tapi saya hanya harus menikmatinya saat ini,” kata Rossi, dilansir Speedweek.