Jumlah Permintaan Pembuatan Paspor Meningkat

Aktual Terkini – JELANG musim libur Hari Besar Natal dan Tahun Baru 2017, minat masyarakat Sumatra Selatan untuk berpergian keluar negeri cukup besar. Terbukti, Kantor Imigrasi Klas IA Palembang mencatat terjadi lonjakan pembuatan paspor dalam waktu dekat.

Lonjakan tersebut meningkat sejak Oktober lalu. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, Barlian mengakui adanya kenaikan menjelang musim libur natal dan tahun baru di tahun 2016 ini.

“Memang terjadi peningkatan jelang akhir tahun ini untuk pembuatan paspor. Kenaikan pembuatan paspor ini terlihat sejak bulan Oktober hingga saat ini,” jelasnya.

Ia menuturkan, jumlah pembuatan paspor tercatat dibulan Oktober sebanyak 4.334 pembuatan paspor dan bulan November 4.588 pembuatan paspor. Sementara rata-rata perbulan itu hanya 3.000 paspor yang dilayani dan di cetak jelang.

Diakuinya, kenaikan ini merupakan suatu tren yang terjadi setiap akhir tahun karena banyak yang melakukan liburan maupun umrah. “Rata-rata sebagian besar pembuat paspor ini untuk melakukan ibadah umrah. Liburan
juga banyak di antaranya memilih liburan ke luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan Thailand,” beber dia.

Ia menjelaskan momen akhir tahun adalah waktu paling rawan pelanggaran keimigrasian. Namun pihaknya pun telah mengantisipasi hal tersebut agar tak terjadi terutama di wilayahnya.

Barlian mengatakan potensi pelanggaran pasti ada namun adanya sinergi dengan tim pengawasan orang asing yang telah dibentuk pihaknya pun ini sudah dapat membantu.

“Kita juga harapkan peran serta masyarakat kalau melihat adanya atau keberadaan orang asing untuk melaporkan juga,” ungkap dia.

Pihaknya pun juga akan memperketat pengawasan ditempat-tempat umum seperti hotel, tempat wisata yang biasa dikunjungi orang asing hingga bandara sebagai tempat atau jalur masuk kesuatu wilayah.

passport indonesia, liburan, passport liburan, masa liburan, musim liburan, musim libur Hari Besar Natal dan Tahun Baru 2017, libur natal, libur tahun baru, berpergian keluar negeri, Jumlah Permintaan Pembuatan Paspor Meningkat, Singapura, Malaysia dan Thailand, hotel, tempat wisata, Kantor Imigrasi