Jadwal MotoGP Belanda, Balapan Saat Lebaran

Aktual Terkini – MotoGP 2017 memasuki seri kesembilan. Balapan bakal berlangsung di Sirkuit Assen, Minggu (25/6/2017).

Johann Zarco mencatat sejarah pada MotoGP Belanda 2017. Dia merebut pole position pertama sepanjang kariernya pada seri utama balap kuda besi.

Dia mengungguli Marc Marquez (Honda) dan Danilo Petrucci (Pramac Racing) yang akan memulai balapan dari posisi kedua dan ketiga.

Zarco memastikan diri menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi kedua (Q2) pada menit terakhir. Q2 berdurasi 15 menit dan berlangsung di lintasan yang masih basah karena sebelumnya terguyur hujan.

Awalnya, Valentino Rossi berada di posisi tercepat dengan catatan 1 menit 48,856 detik. Namun, Rossi tak bertahan lama di posisi tersebut. Petrucci menggesernya setelah mencatat putaran 1 menit 47,721 detik.

Pada percobaan terakhir, Marquez menggeser Petrucci dan menjadi yang tercepat dengan 1 menit 46,206 detik. Namun, beberapa detik kemudian, Zarco mencatat putaran 1 menit 46,141 detik yang memastikannya start terdepan.

Pimpinan klasemen sementara, Maverick Vinales terpuruk di sesi kualifikasi. Ia harus start dari posisi 11. Sementara Andrea Dovizioso (Ducati) yang memenangi dua seri terakhir MotoGP, bakal start dari posisi sembilan.