Ini Alasan Perlu Beli Rumah versi Warren Buffett

Aktual Terkini – Ketika saatnya memiliki rumah, orang mungkin berpikir itu jalan untuk membangun sebuah kekayaan. Meski demikian, bagi sebagian orang Amerika Serikat (AS) itu adalah sebuah mimpi buruk.

Lalu bagaimana pandangan miliarder dan juga investor terkenal Warren Buffett soal itu?

Ia menyarankan untuk membeli rumah. Kepada CNBC, seperti ditulis Minggu (12/3/2017), Warren Buffett menilai, real estate atau properti merupakan aset bernilai untuk banyak orang terutama bagi seseorang berencana bangun keluarga.

Biasanya ketika membangun sebuah keluarga maka ingin tinggal di lokasi sama dalam waktu lama. “Anda punya keluarga, dengan memiliki rumah itu sesuatu yang hebat,” ujar Buffett.

Selain itu, Buffett menilai, alasannya membeli rumah karena kredit perumahan capai 30 tahun. Ia mengambil kredit sekitar 30 tahun pada 1971 saat membeli Laguna Beach, sebuah rumah untuk liburan di California. Kini harganya sudah mencapai sekitar US$ 11 juta atau sekitar Rp 146,94 miliar (asumsi kurs Rp 13.358 per dolar Amerika Serikat).

“Saya membelinya seharga US$ 150 ribu atau sekitar Rp 2 miliar, saya meminjam uang dari Great Western Savings and Loans. Ini satu-satunya kredit perumahan atau hipotek yang saua punya selama 50 tahun,” kata dia.

Sedangkan rumah Warren Buffett di Omaha, Nebraska yang memiliki 6 kamar tidur, 7 kamar mandi yang dibeli pada 1958 sekitar US$ 31.500 atau sekitar Rp 420,80 juta, Warren belum akan menjual dalam waktu dekat.

“Saya tidak akan memperdagangkan itu (rumah) untuk apa pun,” ujar dia.