Hits : Jokowi Akan Susuri Jalan Trans Papua Pakai Motor Trail

Aktual Terkini – Presiden Joko Widodo atau Jokowi melanjutkan Kunjungan Kerja Lintas Nusantara ke Wamena, Papua untuk meninjau sejumlah proyek infrastruktur yang sudah dikerjakan. Jokowi bersama rombongan berangkat dari Bandara Sentani, Jayapura untuk terbang ke Bandara Wamena, Jayawijaya.

Di Kabupaten Jayawijaya, Presiden rencananya akan melihat langsung pembangunan Jalan Trans Papua di ruas Wamena-Mamugu, Rabu (10/5/2017). Selain itu, pantauan langsung akan dilakukan Jokowi dengan menggunakan sepeda motor trail.

Dari foto yang didapat Aktualterkini.com, motor yang akan ditunggangi Jokowi yakni Kawasaki KLX. Nomor polisi RI 1 juga sudah tersemat di motor bernuansa hitam itu. Sebuah kamera kecil juga tertanam di stang bagian kanan motor.

Jokowi dijadwalkan meninjau Jalan Trans Papua ini bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Mulyono. Hanya saja, sampai saat ini belum diketahui apakah Jokowi akan mengendarai sendiri motor itu atau dibonceng.

Sebelumnya, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah XVIII Papua Oesman Marbun mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 40 unit motor trail. Terkait pelaksanaan penggunaan motor ini tergantung situasi keamanan.

“Semua masih terus dikoordinasikan dengan Panglima Kodam Cenderawasih,” kata dia, Senin 8 Mei 2017.

Jokowi rencananya akan mengendarai trail sepanjang lima kilometer, dari KM 37 hingga KM 42. Sepanjang jalan itu tidak semuanya diaspal. Sebagian jalan bahkan masih beralas tanah.

Pasar Mama-Mama Papua

Sebelum terbang ke Wamena, Jokowi sempat mampir ke Pasar Mama-Mama Papua. Pasar yang mulai dibangun pada 30 April 2016 lalu, tampak telah selesai pembangunannya.

“Yang paling penting ini sudah 100 persen siap, kemudian pelatihannya juga terus dilakukan,” kata Jokowi, Rabu pagi.

Jokowi menyerahkan peresmian dan pengelolaan pasar kepada pemerintah daerah setempat. Peresmian nantinya akan dilakukan oleh wali kota terpilih setelah dilantik.

“Untuk peresmian nanti biar Pak Gubernur saja, menunggu wali kota baru dilantik. Karena ini nanti tanggung jawabnya ada di Pemda, yang membangunkan kita, tapi tanggung jawab di Pemda jadi menunggu Pak Wali Kota dilantik saja,” ujar Jokowi.

Saat peninjauan berlangsung, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

Terlihat juga Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Gubernur Papua Lukas Enembe.