Hari Kedua di Yogyakarta, Obama Pilih Pelesir ke Bantul

Aktual Terkini – Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama memilih tempat wisata di Bantul, yakni Puncak Becici Dlingo, setelah berkunjung ke Candi Prambanan, Kamis pagi. Rencananya, ia akan menuju Puncak Becici dari Candi Prambanan sekitar pukul 10.00 WIB. Rombongan Obama akan menuju Becici via Pathuk melewati Polsek Prambanan.

“Akan ada rekayasa lalu lintas, kami memprioritaskan Beliau,” ujar AKP Imam Bukhari, Kasat Lantas Bantul, Kamis (29/6/2017) pagi.

Ia menjelaskan, jalur yang dilewati yakni dari Prambanan melewati Kalasan, lalu simpang tiga Piyungan, menuju ke arah Bukit Pathuk. Sebanyak 350 personel mengamankan titik-titik jalan dan juga berkoordinasi dengan Polres Gunungkidul.

“Kami membantu untuk mengamankan di bahu-bahu jalan. Kendaraan yang berhenti tetap harus disuruh jalan dan meminimalkan jumlah kendaraan berhenti,” kata Imam.

Setelah menikmati pemandangan Puncak Becici, Obama dan keluarga juga berencana untuk makan siang sebelum kembali ke hotel. Berdasarkan informasi, rombongan Obama memilih Bumi Langit Institute yang masih satu jalur dengan Puncak Becici sebagai tempat santap siang.

Sementara terkait jalur pulang Barack Obama dari Puncak Becici belum dipastikan dan melihat perkembangan lebih lanjut. Meski demikian, ada kemungkinan mantan orang nomor satu di Amerika Serikat itu kembali ke Hotel Tentrem via Jalan Wonosari.