Hal yang Perlu Diketahui dari Kanker Payudara karena Implan

Aktual Terkini – Jakarta, Implan payudara meski relatif aman namun pada beberapa kasus dilaporkan bisa menjadi pemicu kanker. Oleh karena itu masyarakat sebaiknya berhati-hati dan mengetahui faktanya.

Kondisi kanker karena implan payudara tersebut dalam dunia medis diketahui bernama Anaplastic Large-Cell Lymphoma (ALCL). Angka prevalensinya belum diketahui pasti namun Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mendeskripsikannya sebagai ‘kasus yang sangat langka’.

ALCL sendiri sebetulnya bermula dari sel darah putih bernama sel-T yang bertugas melawan infeksi. Ketika implan masuk ke tubuh, kadang ada bakteri yang bisa ikut masuk sehingga memicu sel-T untuk melawannya menciptakan inflamasi tingkat rendah.

Anand Deva dari Health Sciences Centre Macquarie University menjelaskan ketika ‘pertempuran’ ini terjadi dalam waktu panjang, maka lama kelamaan bisa terjadi mutasi dan akhirnya muncullah kanker.

“Sekali ada prostetik yang terkontaminasi dalam tubuh Anda, ini akan sulit dihilangkan. Iritasi yang disebabkannya akan berlangsung terus-menerus, dan dari waktu ke waktu bisa merangsang sistem imun untuk kemudian mendorong sebagian sel menjadi kanker,” jelas Anand seperti dikutip dari ABC Australia, Jumat (19/5/2017).

Kebanyakan kasus kanker payudara karena implan ini baru diketahui oleh seorang pasien dua hingga 28 tahun setelah operasi. Gejalanya bisa berupa pembengkakkan, penumpukan cairan, hingga muncul benjolan pada payudara atau ketiak.