Hadapi Lebaran, Garuda Indonesia Tambah 61 ribu Kursi Tambahan

Aktual Terkini – Menjelang periode peak season Lebaran 2017, maskapai Garuda Indonesia menyiapkan 61.324 kursi penerbangan ekstra. Penambahan kursi ini demi mengantisipasi peningkatan trafik penumpang selama periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2017 yang diperkirakan berlangsung pada 16 Juni 2017-9 Juli 2017 (H-10 hingga H+14) baik untuk rute domestik dan internasional.

VP Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S. Butar Butar mengatakan, kapasitas tersebut dilaksanakan dengan mengoperasikan pesawat berbadan besar (bigger aircraft) serta melalui pengoperasian extra flight atau tambahan penerbangan.

Adapun komposisi penggunaan bigger aircraft dan extra flight tersebut terdiri atas 50.210 seats untuk rute domestik dan 11.114 seats rute internasional.

“Melalui penambahan kapasitas penerbangan tersebut, Garuda Indonesia pada periode peak season Lebaran 2017 ini secara total akan mengoperasikan sebanyak 348 frekuensi penerbangan tambahan yang terdiri 188 penerbangan ekstra dan 160 penerbangan dengan menggunakan pesawat berbadan besar (bigger aircraft),” kata Benny, Senin (15/5/2017).

Adapun rute-rute penerbangan domestik dengan peningkatan kapasitas pada tahun ini antara lain, Jakarta – Yogyakarta PP, Jakarta – Padang PP, Jakarta – Solo PP, Jakarta – Semarang PP, Jakarta – Surabaya PP, Jakarta – Denpasar PP, Surabaya – Balikpapan PP, Bandung – Denpasar PP, Makassar – Balikpapan PP.

Sedangkan untuk rute internasional di antaranya adalah Jakarta – Kuala Lumpur PP, Jakarta – Singapura PP, dan Jakarta – Bangkok PP.

“Penambahan kapasitas penerbangan periode peak season Lebaran tahun ini meningkat sebesar 87,24 persen dari total kapasitas penerbangan ekstra pada periode yang sama tahun lalu,” tambah Benny.

Peningkatan kapasitas penerbangan tersebut, juga merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mengakomodir kebutuhan masyarakat akan akses layanan penerbangan pada musim periode mudik Lebaran pada 2017 ini.

Dalam periode peak season Lebaran tahun ini, Garuda Indonesia akan mengoperasikan sejumlah jenis pesawat berbadan kecil (narrow body) dan pesawat berbadan besar (wide body) untuk memaksimalkan kapasitas penerbangan di masing-masing rute.

Adapun jenis pesawat yang akan dioperasikan di antaranya adalah pesawat B737-800 (162 penumpang), A330-200 (222 penumpang), A330-300 (287 penumpang), dan A330-300 all economy class (360 penumpang). Sehubungan dengan pelaksanaan angkutan Lebaran tersebut, maka untuk kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa, Garuda Indonesia mengimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk merencanakan perjalanan sedini mungkin.

Para pengguna jasa juga diimbau untuk menggunakan fasililitas “City Check-in”di kantor-kantor penjualan Garuda Indonesia atau fasilitas “Web Check-in” dan “Phone Check-in” untuk menghindari antrean panjang di counter check-in bandara.