Giliran Honda Thailand Permak Jazz, Transmisinya 7 Speed

Aktual Terkini – Giliran Honda Thailand yang melakukan perubahan pada Jazz setelah Malaysia. Honda Jazz ini rupanya masih masuk generasi ketiga yang dirilis 3 tahun lalu. Namun ada beberapa perubahan kosmetik di bodi mobil.

Untuk bodi, Honda mempermak bagian grille depan dan bemper baik bagian depan dan belakang Jazz. Lampu LED-nya juga baru yang dilengkapi dengan lampu Daytime Running Lights (DRL).

Untuk pertama kalinya di Thailand, ada varian Jazz RS yang dijual untuk umum. Mobil menjadi lebih sporty.

“Honda Jazz dikembangkan ke tingkat yang lebih tinggi dari generasi ketiga Jazz yang diluncurkan di Thailand 2014 lalu. Mobil ini mendapatkan umpan balik yang cukup bagus seperti halnya generasi sebelumnya. Mobil menjadi salah satu mobil hatchback 5 pintu pilihan,” ujar Chief Operating Officer of Honda Automobile (Thailand) Co., Ltd. Pitak Pruittisarikorn.

Untuk interior, Honda memberikan kenyamanan di Jazz dengan jok Ultra Seats yang bisa diatur dengan 4 mode untuk kabin yang lebih lega.

Fitur tambahan lain pada Honda Jazz adalah Multi Information Display (MID), Air-conditioning with Touch Screen Control Panel; One-Push Ignition System, 6.8-inch Touchscreen Display Audio system compatible with a wireless phone connection, koneksi audio dan video melalui kabel HDMI dan setir multifungsi.

Pada bagian penggerak, Honda Jazz masih diperkuat dengan mesin 1.5L SOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga 117 daya kuda dan torsi 146 Newton-meter pada 4.700 rpm.

Mesin itu digabungkan dengan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) 7 speed, yang bisa diatur lewat paddle shift di setir. Untuk mempermudah pengendara di jalan tol ada Cruise Control System, dan sistem ECO Assist yang membantu mengurangi konsumsi BBM. Mesin Honda Jazz di Thailand sanggup meminum bensin E85.

Fitur lain yang dimiliki Honda Jazz adalah 6 kantung udara, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Anti-lock Braking System (ABS) serta Electronic Brake Distribution (EBD). Ada juga Multi-angle Rearview Camera 3 level.

Di Thailand Honda Jazz dijual mulai 550.000 baht sampai 754.000 baht (sekitar Rp 213 juta sampai Rp 289 juta dengan 6 pilihan warna yakni Taffeta White, Modern Steel Metallic, Lunar Silver Metallic, Crystal Black Pearl, White Orchid Pearl, dan warna baru Phoenix Orange Pearl. Jika Thailand sudah, maka Indonesia sepertinya tinggal menunggu giliran saja nih.