Gagal Podium di MotoGP Spanyol, Rossi Salahkan Cuaca

Aktual Terkini – Valentino Rossi gagal naik podium di MotoGP Spanyol yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu (7/5/2017). Pembalap Movistar Yamaha itu finis di posisi kesepuluh.

Pada 10 lap terakhir MotoGP Spanyol, kecepatan Rossi menurun drastis. Dia dilewati lima pembalap, Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, Danilo Petrucci, Jonas Folger, dan Aleix Espargaro.

“Sekarang sangat mudah mengatakan kalau kami membuat kesalahan. Secara logika, kami mengharapkan hasil yang lebih baik bila dibandingkan dengan tahun lalu. Namun, hasilnya malah seperti ini,” ucap Rossi, dilansir dari GP One.

Pembalap yang akrab disapa The Doctor itu mengatakan, pada lap-lap akhir, ban depannya sudah aus. Hal itu membuatnya harus berhati-hati untuk menghindari kecelakaan.

“Saya kehilangan banyak akselerasi saat balapan MotoGP Spanyol. Ban sering selip. Itu membuat saya ragu dengan ban depan. Saat trek lurus, motor juga menjadi aneh. Untungnya, saya bisa finis,” kata Rossi.

Perubahan Suhu

The Doctor melanjutkan, ban motornya cepat aus karena cuaca di Sirkuit Jerez. Cuaca di sana tidak cocok dengan ban pilihan Rossi untuk balapan.

“Sebenarnya, setelah pemanasan MotoGP Spanyol ada hal yang mencengangkan terjadi. Suhu di sirkuit berubah menjadi 20 derajat Celcius. Itu membuat perbedaan yang sangat besar,” ujar pria asal Italia itu mengakhiri.

Untungnya, pria berusia 38 tahun itu masih memuncaki klasemen pembalap MotoGP 2017 dengan 62 poin. Namun, dia mulai didekati rekan setimnya sendiri, Maverick Vinales, yang mengoleksi 60 poin.