Cerita Mahershala Ali, Aktor Muslim Pertama Peraih Oscar

Aktual Terkini – Ajang Oscar 2017 menjadi satu sejarah tersendiri bagi sineas kulit hitam, Mahershala Ali. Pasalnya, dalam penyelenggaraan Academy Awards kali ini, ia berhasil membawa pulang piala Oscar pertamanya.

Yang lebih istimewa lagi, Mahershala Ali adalah aktor muslim pertama yang berhasil meraih penghargaan prestisius ini.

Mahershala Ali meraih piala Oscar 2017 lewat perannya sebagai Juan dalam film Moonlight. Performanya sebagai bandar narkoba ini, memang menuai banyak pujian dari para kritikus.

Saat naik ke podium, Mahershala Ali sempat bercanda dengan hadirin. Ia mengancingkan jasnya dan berkata, “Nenekku mau aku tampil rapi.”

Ia lantas berterima kasih pada guru-gurunya yang telah mengajarkannya akting. Ia juga berterima kasih pada istrinya, Amatus Sami-Karim, yang baru melahirkan anak pertama mereka pada 22 Februari kemarin. ”

Time menuliskan, Mahershala Ali tertarik untuk masuk Islam saat Amatus tengah belajar akting di Experimental Theatre Wing, New York University. Kala itu, Amatus yang ingin masuk agama Islam, mengajak Mahershala untuk mengunjungi sebuah masjid di Philadelphia.

Di sana, Mahershala Ali mengalami sebuah peristiwa yang tak dapat ia mengerti. Mahershala Ali menangis tersedu saat mendengar khotbah dan doa.

“Aku tak mengerti mengapa aku menangis, karena doa itu dalam bahasa Arab dan aku tak bisa berbahasa Arab sama sekali. Aku terus menangis, suatu hal yang belum pernah kualami sebelumnya,” kata Mahershala Ali.

Setelah kejadian ini, tak berapa lama ia lantas merasakan dorongan yang kuat untuk kembali ke masjid. Peristiwa yang sama kembali terjadi, ia menangis tersedu-sedu.

Pria di sebelahnya menepuk Mahershala dan menanyakan apakah ia muslim. Setelah mengetahui bahwa ia bukan muslim, pria tersebut bertanya apa ia mau menjadi mualaf.

“Aku jawab iya. Pria itu lalu membawaku pada imam, dan aku mengucapkan syahadat,” kata Mahershala Ali, mengenang peristiwa yang terjadi pada 31 Desember 1999 tersebut.