Bukan di Kelas Bisnis, Ternyata Ini Kursi Terbaik di Pesawat

Aktual Terkini – Banyak orang menyangka, kursi terbaik di pesawat terbang adalah kelas bisnis. Hal ini karena pelayanan terbaik dari pramugari dan mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk kenyamanan selama penerbangan. Namun, hal ini terbantahkan dari penelitian yang dilakukan di Amerika.

Seperti yang diberitakan laman Huffingtonpost, Jumat (5/5/2017), penelitian yang dilakukan oleh Popular Mechanics tahun 2007 ini mengungkap rahasia tempat duduk paling aman di pesawat. Data penelitian ini sendiri diambil dari National Transportation Safety Board, yang sudah ada sejak tahun 1971. Mereka membandingkan seluruh kecelakaan pesawat dengan korban selamat, dan menentukan tempat duduk yang mereka ambil sehingga selamat.

Hasilnya cukup mengejutkan, ternyata tempat duduk di kelas bisnis dengan pelayanan terbaik hanya memiliki kesempatan hidup 49 persen. Lebih rendah dibanding bagian tengah yang mencapai 56 persen, dan bagian belakang serta ekor lebih tinggi dengan 69 persen harapan hidup. Hal ini karena kelas bisnis memiliki kursi yang berada di bagian depan pesawat, sehingga berdampak langsung ketika pesawat mengalami gangguan atau jatuh.

Lalu di mana tempat duduk terbaik dengan kesempatan hidup terbesar saat berada dalam penerbangan? Bila Anda berencana selamat dalam penerbangan, pilihan kursi paling aman adalah di kelas ekonomi yang berada di bagian belakang pesawat.

Pilihlah kursi yang berada di samping jalan, dan dekat dengan pintu keluar. Karena dibanding bagian depan dan tengah pesawat, bagian ini menjadi paling aman dari hentakan langsung dari luar ketika terjadi gangguan.