Bugatti Chiron Butuh Ban Baru untuk Capai 500 Km/Jam

Aktual Terkini – Bugatti Chiron merupakan salah satu mobil yang fenomenal di dunia. Dengan berbekal mesin W8 8,0 liter, quad-turbocharger, tenaga yang dihasilkan mencapai 1.500 Tk. Namun, sayangnya kecepatan puncaknya ‘hanya’ 417 km/jam karena dibatasi secara elektronik.

Bagaimana jika limiter-nya dilepas? Bugatti Chiron memiliki speedometer yang menunjukkan angka 500 km/jam, tentu potensi yang dimiliki masih jauh dari angka yang dibatasi.

Lalu mengapa tidak dilepas saja? Karena sampai saat ini belum ada teknologi ban yang sanggup menahan gaya yang dihasilkan pada kecepatan melebihi angka tersebut. Dikutip dari roadandtrack, Jumat (23/6/2017), Michelin saat ini sedang mengembangkan ban khusus Chiron yang sanggup menahan gaya dan beban hingga kecepatan 448 km/jam.

Beberapa sumber mengatakan Chiron memiliki kecepatan puncak 456 km/jam, namun Bugatti sendiri menyangkal hal ini. Karena sampai saat ini potensi sebenarnya dari Bugatti Chiron belum diketahui secara pasti, bahkan Bugatti sendiri belum menguji hingga kecepatan puncak di jalanan.

Bugatti merencanakan akan menguji potensi sebenarnya dari Chiron pada tahun 2018. Kemampuan sebenarnya dari Chiron sangat ditentukan oleh kapabilitas dari ban saat itu untuk menahan gaya pada saat pengujian kecepatan puncak.