Bikin Pendeteksi Hoax, Pelajar Indonesia Juarai Microsoft Cup

Aktual Terkini – Microsoft telah mengumumkan pemenang Final Imagine Microsoft Cup se-Asia Tenggara. Pelajar Indonesia dengan nama Tim Cimol dinyatakan menjadi juara pertama, mengalahkan finalis dari Singapura dan Filipina.

Tim Cimol membuat aplikasi penangkal berita hoax yang bertujuan untuk memerangi peredaran berita palsu. Aplikasi yang diberi nama Hoax Analyzer itu, mampu mengidentifikasi hoax pada sumber informasi tertentu.

Melansir dari Gadget Plus, Tim Cimol ke depannya akan melakukan perjalanan inovasi ke tingkat Imagine Cup Wolrd Finals. Tim dari Indonesia itu akan bersaing merebutkan hadiah 1 milyar rupiah dengan pelajar-pelajar lain di seluruh dunia.

Developer Experience Lead, Microsoft Asia Pacific, Dave Miller mengatakan kompetisi ini merupakan bagian dari bentuk kerja sama Microsoft dengan negara-negara ASEAN. Kerja sama Microsoft dengan ASEAN menjadi bukti kuat komitmen perusahaan untuk mengembangkan dan menemukan potensi talenta muda di Asia Tenggara.

“Selama 15 tahun terakhir, Imagine Cup telah menjadi platform untuk membantu siswa mewujudkan impian mereka menjadi kenyataan,” ujarnya.

Microsoft Imagine Cup diadakan setiap tahun sejak 2003. Kompetisi bidang teknologi ini menjadi kompetisi terkemuka di dunia. Tim Cimol berhasil menyisihkan 9 tim dari negara lain di Asia Tenggara.

Selamat untuk Tim Cimol dari Indonesia. Maju terus sampai ke final tingkat dunia.