Australia Tangkap Pria 40 Tahun Terkait Ancaman Malam Tahun Baru

Aktual Terkini – Kepolisian antiterorisme Australia menangkap seorang pria terkait ancaman untuk perayaan Tahun Baru di Sydney. Pria berusia 40 tahun ini ditangkap di bandara sesaat setelah dia tiba dari ke London, Inggris.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Jumat (30/12/2016), Satuan Investigasi Terorisme dari Kepolisian New South Wales (NSW), dengan berbekal informasi dari publik, menangkap pria ini pada Kamis (29/12) malam waktu setempat, di Bandara Internasional Sydney.

Pria bernama Damien O’Neil ini ditangkap karena dianggap melontarkan ‘ancaman terkait malam Tahun Baru’ lewat sebuah blog. Tidak dijelaskan lebih lanjut soal isi ancaman itu. Dalam pernyataannya, kepolisian menyatakan O’Neil tidak dijerat dakwaan terorisme. Tidak dijelaskan lebih lanjut soal asal kewarganegaraan O’Neil.

Terkait penangkapan ini, kepolisian setempat juga melakukan penggeledahan di sebuah rumah dan fasilitas penyimpanan di Sydney. Sejumlah dokumen dan hard drive komputer disita dalam penggeledahan.

“Kepemilikan dokumen berisi ancaman… blog online yang mengkhawatirkan,” sebut kepolisian setempat soal dakwaan yang dijeratkan kepada O’Neil.

Pelaksana tugas Deputi Komisioner Kepolisian New South Wales, Frank Mennilli, menuturkan kepada wartawan setempat, bahwa O’Neil bertindak sendirian dan tidak memiliki keterkaitan dengan kelompok manapun.

“Dia memposting sejumlah ancaman, via media sosial, berisi beberapa aktivitas yang mungkin lakukan,” sebutnya tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Dalam pernyataan terpisah, Wakil Komisioner Kepolisian NSW Catherine Burn menyatakan, saat ini tidak ada ancaman spesifik untuk malam Tahun Baru. “Penyelidikan sejauh ini mengindikasikan ini merupakan insiden terisolasi. Kami meyakini tidak ada ancaman terkini maupun spesifik untuk malam Tahun baru… orang-orang harus menikmati perayaannya,” tandasnya.

Penangkapan ini terjadi seminggu setelah polisi mengaku menggagalkan rencana serangan teror yang terinspirasi Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) untuk Hari Natal di Melbourne.

Perayaan Tahun Baru di Sydney biasanya diwarnai dengan pesta kembang api di Sydney Harbour yang dihadiri banyak orang. Diperkirakan untuk tahun ini, ada lebih dari 1 juta orang yang menghadiri pesta kembang api itu.