Alasan Macet, Warga Jakarta Pilih Liburan di Car Free Day

Aktual Terkini – Sebagian warga Jakarta memanfatkan libur panjang 29 April hingga 1 Mei 2017 dengan berlibur ke luar kota. Sebagian lainnya, memilih tetap bertahan di Ibu Kota dan menikmati waktu car free day (CFD).

Bonci warga Pramuka, Jakarta Timur, mengaku memilih tidak berlibur ke luar kota dengan alasan kemacetan.

“Aduh, macetnya itu loh. Alasan utamanya sih karena macetnya ya kalau harus liburan ke luar kota,” kata Bonci kepada Aktualterkini.com di lokasi CFD, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (30/4/2017).

Selain alasan kemacetan, pria 40 tahun itu mengaku, di CFD ia bisa sengaja maupun tidak bertemu dengan teman-teman lamanya.

“Kalau hari biasa teman dengan yang kantornya bersebelahan dengan kantor kita kerja aja susah buat ketemu, nah di CFD ini kita mau janjian atau enggak sengaja sering ketemu malah. Sayang seminggu sekali aja CFD-nya ini, untuk olah raga juga ketemu teman,” beber Bonci.

Senada, Hendra, warga Pondok Kelapa, Jakarta Timur ini juga lebih memilih CFD untuk mengajak anak-anaknya, mengisi waktu liburan dibanding harus ke luar kota.

“Saya bawa lima anak saya ke CFD, olah raga biar sehat. Macet kalau ke luar kota,” ujar pria 40 tahun itu.

Warga lainnya, Novi menyebutkan, ia bersama kelurganya memantau situasi lalu lintas dari arah Jakarta menuju Jawa Barat dan sekitarnya, sejak Kamis 27 April malam.

Niatnya, perempuan 32 tahun itu berlibur ke luar kota. Namun, ia urungkan karena dari informasi beberapa media, kawasan tol dari Jakarta menuju Jawa Barat dan sekitarnya terjadi kemacetan.

“Kamis malam saja sudah macet, kita keCFD aja deh jadinya, sehat murah meriah,” kata Novi.