4 Cerita Unik Kedatangan Raja Salman ke Indonesia

Aktual Terkini – Kedatangan Raja Salman Bin Abdul Azis Al Saud ke Indonesia, khususnya di Jakarta, mendapat sambutan antusias dan istimewa. Bahkan, ada beberapa keunikan dalam persiapan menyambut Raja Salman.

Keunikan-keunikan persiapan dalam menyambut Raja Salman tersebut, di antaranya pembangunan toilet dan parfum khusus seperti yang disiapkan pengurus Masjid Istiqlal.

Ada pula warga Jakarta yang rela mengayuh sepeda hingga ke Bogor. Selain itu, persiapan anggota DPR yang menggelar tumpengan usai rampung membuat persiapan. Tak hanya itu, Jokowi juga mendadak kekinian dengan membuat video blog atau vlog saat makan malam bersama Raja Salman.

Berikut empat cerita unik dari kedatangan Raja Salman.

Kayu Gaharu dan Warna Toilet

Pihak pengelola Masjid Istiqlal melakukan persiapan khusus untuk menyambut Raja Salman dengan membuat lift dan toilet khusus, yang dibangun dengan standar orang Arab.

Tidak ada yang terlalu mewah dalam pembuatan toilet khusus ini. Namun, tetap ada permintaan khusus pihak kerajaan seperti warna dan pengharum ruangan.

“Warna toilet, raja minta tidak mencolok, senada warna dinding marmer Istiqlal saja. Satu lagi yang raja minta adalah pewangi ruangan aroma kayu gaharu. Raja tidak mau disemprot pengharum toilet, tapi itu bukan kami yang sediakan karena itu wangi khusus,” jelas Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, Jakarta, Jumat 24 Februari 2017.

Warga Kayuh Sepeda

Banyak warga antusias untuk ikut menyaksikan kedatangan Raja Salman di Istana Bogor. Mereka tidak hanya berasal dari Bogor, tetapi juga dari luar kota seperti Jakarta.

Bahkan, seorang warga bernama Ani rela mengayuh sepeda dari Jakarta ke Bogor, demi melihat Raja Salman di Istana Bogor.

“Memang sengaja mau ke Bogor sepedaan untuk melihat kedatangan Raja Salman, kalau bisa ikut menyambut kedatanganya,” kata warga Pondok Gede Jakarta, Ani yang sedang memarkirkan sepeda di Balai Kota Bogor, Rabu, 1 Maret 2017.

Ani bersama teman satu komunitasnya bersepeda dari wilayah Pondok Gede, Jakarta Timur. Menurut Ani, ia merasa terpanggil untuk ikut hadir dan menyaksikan kedatangan Raja Salman. Karena panggilan batinnya sama-sama umat Muslim yang ingin memuliakan tamu negara.

DPR Gelar Tumpengan

Raja Salman hari ini dijadwalkan akan mengunjungi Gedung DPR. Ia akan pidato di hadapan anggota parlemen serta tamu undangan lainnya.

Banyak persiapan yang dilakukan anggota legislatif untuk menyambut Raja Arab itu, di antaranya membuat tangga khusus, yang tidak terlalu menanjak untuk memasuki gedung parlemen.

Selain itu, ada juga persiapan membuat podium dan panggung untuk pidato Raja Salman. Ratusan rangkaian bunga juga dirias untuk mempercantik gedung DPR.

Usai persiapan yang cukup panjang, DPR pun menggelar syukuran dengan membuat tumpeng dan makan malam bersama.

“Saya berharap acara besok aman, tamu yang kita tunggu sejak lama akhirnya mau datang dan semoga acara besok lancar,” kata Ketua DPR Setya Novanto saat gelar tumpengan di depan Ruang Rapat Paripurna 1, Gedung DPR MPR Jakarta, Rabu 1 Maret 2017.

Novanto mengapresiasi lawatan Raja Salman ke Indonesia pada 1-9 Maret 2017 ini. Sebab, pihak Arab Saudi sudah mempersiapkan semua akomodasinya sendiri.

Jokowi Ajak Raja Salman Membuat Vlog

Hal unik lainnya adalah Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendadak menjadi kekinian, dengan membuat video blog (vlog) atau blog yang bermediakan video.
Jokowi membuat vlog saat acara jamuan makan siang Raja Salman di Istana Bogor.

Di sela acara formal itu, Jokowi membuat sebuah vlog bersama Raja Salman. Vlog tersebut dipublikasikan oleh Jokowi di akun Facebook-nya, Presiden Joko Widodo pada Rabu, 1 Maret 2017.

Dalam vlog-nya itu, Jokowi yang tampak mengenakan setelan jas dengan peci hitam, tampak santai berbicara. Jokowi menjelaskan, saat video tersebut dibuat, dia sedang berada satu meja dalam jamuan makan siang dengan Raja Salman.

“Saat ini saya sedang bersantap siang dengan Yang Mulia Sri Baginda Raja, Salman bin Abdulaziz al Saud, beliau baru makan,” ucap Jokowi sambil membidik kamera videonya ke arah Raja Salman yang sedang menyantap makanan.